Minggu, 08 Januari 2012

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan. PKBM ini masih berada di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional. PKBM ini bisa berupa tingkat desa ataupun kecamatan. untuk mendirikan PKBM bisa dari unsur apapun oleh siapapun yang tentunya telah memenuhi syarat-syarat kelembagaan antara lain : 1. Akta Notaris 2. NPWP 3. Susunan Badan pengurus 4. Sekretariat 5. Ijin Operasional dari Dinas Pendidikan Kab/kota.

Cakupan Kegiatan

Cakupan kegiatan antara lain :
  • Kejar Paket A
  • Kejar Paket B
  • Kejar Paket C
  • PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)
  • KBU (Kelompk Belajar Usaha)
  • KUPP (Kelompok Usaha Pemuda Produktif)
  • Pemberdayaan Perempuan
  • Keaksaraan Fungsional Dasar Dewasa
  • Taman Bacaan Masyarakat (Perpustakaan)
Secara umum PKBM dapat dijelaskan dalam suatu konsep/rumusan sebagai berikut :

  • Filosofi

    Dari, Oleh dan Untuk Masyarakat
  • Target / Tujuan

    Peningkatan kualitas hidup masyarakat (komunitas)
  • Dimensi / Bidang Kegiatan

    1. Pembelajaran
    2. Usaha Ekonomi Produktif
    3. Pengembangan Masyarakat
  • Komponen

    1. Anggota Komunitas
    2. Penyelenggara dan Pengelola
    3. Tenaga Pendidik
    4. Warga Belajar
    5. Mitra PKBM
  • Parameter

    1. Partisipasi Masyarakat (Community participation)
    2. Kuantitas dan Kualitas Partisipasi :
      • Partisipasi dalam proses manajemen (perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengendalian – POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) atau PDCA (Plan, Do, Check, Action).
      • Partisipasi dalam penyediaan sumberdaya (resources) : personalia, sarana prasarana, dana, dll.
      • Manfaat Bagi Masyarakat (Impact) :
    3. Peningkatan pengetahuan, peningkatan keterampilan, perbaikan   perilaku, peningkatan pendapatan, penciptaan lapangan kerja,  penciptaan keharmonisan, dll.
    4. Mutu Penyelenggaraan dan Program
    5. Kemandirian dan Keberlanjutan Lembaga (Sustainability)
      • Inovasi Program
      • Sistem Manajemen
      • Kaderisasi dan Kepemimpinan
      • Penyediaan Sumberdaya (tenaga, dana, sarana, tempat)
  • Karakter

    1. Kepedulian terhadap yang lebih berkekurangan
    2. Kemandirian dalam penyelenggaraan
    3. Kebersamaan dalam kemajuan
    4. Kebermaknaan setiap program dan kegiatan
    5. Kemitraan dengan semua pihak yang berpartisipasi
    6. Fleksibilitas program dan penyelenggaraan
    7. Pembaharuan diri yang terus menerus (continuous improvement)

0 komentar:

Posting Komentar